Madu Hutan Apis dorsata

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Madu Hutan

Menu Sehat Berbuka

E-mail Print PDF

artikel dari majalah Tempo yang tepat disaat bulan puasa ini.

Umat muslim menjalankan puasa selama sebulan ini. Menahan makan dan minum—dan sejumlah larangan lainnya—dari fajar hingga magrib jelas mengurangi asupan zat gizi. Para ahli memperkirakan, puasa akan mengurangi 20-30 persen pasokan kalori ke tubuh.

Jadi, aturlah menu sehat ketika berpuasa. Ini sebagian di antara tip yang bisa dipakai.

Madu

Sangat baik dicampur dengan minuman atau menjadi pemanis makanan ketika berbuka. Sebagai pengganti gula, madu sangat mujarab meningkatkan stamina. Madu menjaga stabilitas tubuh sehingga tetap segar, mencegah gangguan pencernaan, dan melancarkan metabolisme.

Madu mengandung gula sederhana, protein, dan sedikit gula kompleks. Madu bersifat antibiotik, antiseptik, dan antifungal yang menghambat atau menghentikan pertumbuhan berbagai bakteri patogen, mikroorganisme, juga jamur.

Pisang dan Kismis

Pisang dan kismis menjadi pilihan berbuka yang sehat dan segar. Kismis dapat meningkatkan stamina, bisa mencegah lemas dan kurang darah. Pisang mengandung kalium tinggi, bermanfaat buat menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Buah-buahan lain pun baik buat berbuka puasa. Glukosa pada buah-buahan merupakan sumber energi utama yang menggerakkan saraf pusat.

Kurma

Kurma yang segar dan lembek, tak terlalu manis, bernutrisi sangat tinggi, tapi berkalori rendah. Mengandung kalium, magnesium, dan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan energi. Kurma bisa mencegah dan mengatasi anemia, lelah, dan melancarkan pembuangan.

Buah manis ini mengandung karbohidrat kompleks. Dengan begitu, kadar insulin tubuh tak terkatrol. Berbeda dengan penganan manis—seperti kolak atau cokelat—yang berkarbohidrat sederhana dan meningkatkan insulin.

Air putih

Berbuka dengan air putih menghilangkan dehidrasi sekaligus memulihkan keseimbangan air dalam tubuh. Kebutuhan tubuh 2.000-2.500 mililiter atau 6-8 gelas air. Jadi, perbanyaklah minum pada malam hari.

Caranya, ketika berbuka sekitar dua gelas, menjelang tidur 3-4 gelas, satu gelas ketika bangun tidur untuk sahur, lalu segelas lagi saat sahur. Teh, susu, jus buah, koktail buah, atau kuah sayur juga bisa meningkatkan konsumsi air.

sumber : http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2009/08/24/ETL/mbm.20090824.ETL131221.id.html

Comments
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."